Menggunakan Menu Explore

Menu Explore memberikan informasi mengenai data lebih lengkap lagi. Kali ini kita membuat data mengenai tinggi sisiwa dan jenis kelamin. Berikut datanya

jenis_kelamin
tinggi
1
169
1
168
1
170
1
160
1
167
2
165
2
166
2
169
2
158
2
162
Kode jenis kelamin
1 : pria
2 : wanita

Langkah – langkah menggunakan menu Explore adalah sebagi berikut :

 1. Masukkan data di atas pada SPSS. Pastikan telah mengkodekan data jenis kelamin, Klik menu Analyze > Descriptive Statistics > Explore

2. Pada kotak dialog yang muncul, masukkan variabel tinggi pada kotak Dependent List. Masukkan variabel jenis_kelamin ke kotak Factor List (digunakan untuk memasukkan variabel kategori). Lalu klik OK untuk melakukan analisa.

3. Pada jendela output akan muncul beberapa hasil. Berikut adalah penjelasannya.

Output 1

Output pertama memberikan informasi dasar mengenai jumlah data yang diproses.

Output 2

Output kedua memberikan informasi nilai – nilai statistik yang lebih lengkap.
Output 3
 Merupakan stem and leaf . Cara membacanya adalah sebagai berikut :
Kolom Frequency menunjukkan frekuensi darai masing – masing nilai.

Nilai extreme menunjukkan adanya data yang nilainya cukup berbeda jauh dengan data yang lain. Pada data jenis  kelamin pria terdapat  1 buah nilai yang extreme, yaitu data dengan nilai kurang dari 160.

Stem artinya tangkai. Leaf artinya daun. Pada data jenis kelamin permpuan, terdapat tiga data dengan Stem 16 , artinya terdapat tiga nilai 160an. Pada kolom leaf  terdapat nilai 569, artinya terdapat nilai 165, 166 dan 169.

Output ke 4


Merupakan grafik Boxplot. Cara membacanya adalah, garis tengah pada kotak merupakan nilai median. Tanda * menunjukkan data extreme.




Comments

Post a Comment

Popular Posts