Uji Median
Uji Median akan melengkapi uji Kruskalls Wallis. Uji Median akan menguji apakah beberapa variabel yang diuji mempunyai median (titik tengah) yang sama atau tidak. Sebagai contoh, kita akan menggunakan data yang sama dengan data yang digunakan pada uji Kruskalls Wallis.
Berikut langkah – langkah untuk melakukan uji Median :
1. Klik menu Analyze > Nonparametric Tests > Legacy Dialogs > K Independent Samples..
2. Pada kotak dialog yang mncul, masukkan variabel penjualan ke kotak Test Variable List. Karena kita mengelmpokkan kategori berdasar merk, masukkan variabel merk ke kotak Grouping Variable. Pastikan pilihan Median aktif.
3. Klik menu Define Range.
Pada kotak Minimum masukkan angka 1.
Pada kotak Minimum masukkan angka 3 (jumlah variabel kategori)
Klik Continue.
4. Klik OK untuk melakukan analisa.
Maka pada jendela output akan muncul hasil sebagai berikut
Output 1
Output pertama ini menunjukkan informasi mengenai banyaknya data yang diolah untuk masing – masing variabel. Banyaknya data yang disajikan berdasarkan median, yaitu data yang nilanya > median dan data yanga nilainya <= median
Output 2
Output ke 2 ini memberikan informasi nilai sebagai dasar pengambil keputusan.
Untuk menentukan apakah tingkat penjualan setiap bulan dari 3 merek barang sama.atau tidak , pertama – tama kita membuat hipotesis sebagai berikut :
H0 = Tingkat penjualan setiap bulan dari 3 merek mempunyai median (titik tengah) yang sama.
H1 = Tingkat penjualan setiap bulan dari 3 merek mempunyai median (titik tengah) yang tidak sama.
Syarat H0 diterima atau tidak berdasarkan nilai probabilitas sebagai berikut :
Apabila probabilitas > 0.05 maka H0 diterima
Apabila probabilitas < 0.05 maka H0 ditolak
Dari hasil di atas pada baris Asymp Sig terlihat bahwa nilai probabilitas 0.031.Maka H0 ditolak (0.031 < 0.05) . Dengan demikian keputusan yang diambil adalah
Jadi : Tingkat penjualan setiap bulan dari 3 merek mempunyai median (titik tengah) yang tidak sama.
Berikut langkah – langkah untuk melakukan uji Median :
1. Klik menu Analyze > Nonparametric Tests > Legacy Dialogs > K Independent Samples..
2. Pada kotak dialog yang mncul, masukkan variabel penjualan ke kotak Test Variable List. Karena kita mengelmpokkan kategori berdasar merk, masukkan variabel merk ke kotak Grouping Variable. Pastikan pilihan Median aktif.
3. Klik menu Define Range.
Pada kotak Minimum masukkan angka 1.
Pada kotak Minimum masukkan angka 3 (jumlah variabel kategori)
Klik Continue.
4. Klik OK untuk melakukan analisa.
Maka pada jendela output akan muncul hasil sebagai berikut
Output 1
Output pertama ini menunjukkan informasi mengenai banyaknya data yang diolah untuk masing – masing variabel. Banyaknya data yang disajikan berdasarkan median, yaitu data yang nilanya > median dan data yanga nilainya <= median
Output 2
Output ke 2 ini memberikan informasi nilai sebagai dasar pengambil keputusan.
Untuk menentukan apakah tingkat penjualan setiap bulan dari 3 merek barang sama.atau tidak , pertama – tama kita membuat hipotesis sebagai berikut :
H0 = Tingkat penjualan setiap bulan dari 3 merek mempunyai median (titik tengah) yang sama.
H1 = Tingkat penjualan setiap bulan dari 3 merek mempunyai median (titik tengah) yang tidak sama.
Syarat H0 diterima atau tidak berdasarkan nilai probabilitas sebagai berikut :
Apabila probabilitas > 0.05 maka H0 diterima
Apabila probabilitas < 0.05 maka H0 ditolak
Dari hasil di atas pada baris Asymp Sig terlihat bahwa nilai probabilitas 0.031.Maka H0 ditolak (0.031 < 0.05) . Dengan demikian keputusan yang diambil adalah
Jadi : Tingkat penjualan setiap bulan dari 3 merek mempunyai median (titik tengah) yang tidak sama.
Comments
Post a Comment